Sabtu, 12 September 2009

SIAPA SIH SANTRI ITU ?

Nah, siapa dari para santri yang tahu apa dan siapa sih orang yang disebut santri?
Tahu tidak….!!!

== *** ==

Seingat mas Arif, dahulu masih nyantri alias belajar di pesantren pak kyai pernah memberi penjelasan mengenai santri. Bismillah……mudah-mudahan ingatan mas Arif mendapat ijin dari Allah ya….., ayo bareng-bareng baca basmalah dulu….

Sudah ya baca basmalahnya…..
Siap dengar cerita donk ..
Pak kyai pernah bicara sama mas Arif tentang arti dari SANTRI. Bahwa Santri itu bisa diartikan dari segi bahasanya. SANTRI terdiri dari kata SAN dan TRI. SAN bermakna dasar, TRI bermakna tiga (3). Jadi SANTRI sama juga dengan “tiga dasar”.

== *** ==
Maksudnya bagaimana???
Tiga dasar itu apa saja??
Tiga dasar itu adalah :
1. Islam
2. Iman
3. Ihsan

Jadi SANTRI adalah orang yang dalam hidupnya berpegang teguh pada tiga (3) dasar hidup yaitu Islam, Iman, dan Ihsan.

== *** ==

Islam maksudnya bagaimana ?
Bahwa kita memberi kesaksian dan pembenaran bahwa tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah swt. Dan Muhammad saw adalah utusan Allah

Iman maksudnya bagaimana ?
Bahwa dengan persaksian kita atas ketuhanan Allah dan Muhammad sebagai rosul-Nya, kemudian kita yakini baik dalam hati maupun dalam praktek (arkan) perihal Allah sebagai Tuhan yang Esa, keberadaan para malaikat Allah, Adanya kitab-kitab Allah, para rosul dan nabi Allah, akan datangnya hari akhir (kiamat), serta kuasa Allah terhadap qodho dan qodar.

Ihsan maksudnya bagaimana ?
Setelah persaksian kebenaran Islam dan meyakini kebenarannya, kemudian dipraktekkan dengan menjalankan ibadah kepada Allah dimanapun berada dengan seolah-olah Allah senantiasa melihat segala gerak-gerik kita.

== *** ==

Nah….sekarang sudah paham belum adik-adik…..
Kalau sudah paham nanti coba diterangkan ya, apa itu santri!

1 komentar: