Senin, 09 November 2009

HARI PAHLAWAN

Para santri, tahu tidak kalau pada tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai hari apa??????
Tidak tahu????, diingat ya….kalau pas tanggal 10 November bangsa kita Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan.
Hari pahlawan adalah hari dimana kita diingatkan untuk mengenang dan meneladani jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari tindasan para penjajah.

Dalam sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah Negara-negara maju yang bertujuan mengeruk kekayaan bangsa Indonesia untuk mereka miliki. Karena bangsa Indonesia adalah Negara yang sangat kaya raya atas kekayaan alam, rempah-rempah dan bumi yang elok. Negara-negara yang pernah menjajah bangsa Indonesia diantaranya Portugis, Belanda dan Jepang. Dari ketiga Negara tersebut Negara Belanda yang paling lama menjajah bangsa Indonesia.

Dalam perjuangan kemerdekaan, santri-santri perlu ketahui bahwa para ulama dan orang muslim tidak ketinggalan dalam perjuangan kemerdekaan. Bahkan pergerakan untuk kemerdekaan banyak bermula dari pesantren dan dimpimpin para ulama’. Dari kalangan Nahdhotul Ulama ada lascar Hizbullah yang dibentuk untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Bagi Islam penjajahan dan merampas hak orang lain, menindas dan berbuat sewenang-wenang adalah hal yang sangat dilarang dalam Islam. Islam menjunjung tinggi kemerdekaan yang bertanggung jawab, persamaan dan toleransi dan tidak membenarkan ketidak adilan. Di samping itu wajib bagi muslim untuk memerangi orang kafir yang telah sewenang-wenang memerangi orang Islam.
Bagi orang Islam dipahami bahwa “Hubbul Wathon Minal Imani” yaitu “Cinta tanah air adalah sebagian dari iman” sehingga tidak ada pilihan lain kecuali berjuang mempertahankan hak kemerdekaan dari kaum penjajah.
Nah, karena kita sudah merdeka…..apakah lantas sudah berhenti perjuangan kita??????
Jawatbnya tidak !!!!
Terus bagaimana bentuk perjuangan kita sekarang????

Bagi kita sekarang, perjuangan yang harus kita lakukan tidak kalah berat tantangannya dengan perjuangan para pahlawan terdahulu. Karena setelah bangsa Indonesia merdeka maka kewajiban kita untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaann dengan hal-hal dan kegiatan yang bermanfaat dan berguna bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia beserta rakyatnya.

Wujud perjuangan santri saat ini adalah dengan belajar yang giat dan rajin agar menjadi generasi yang unggul dan mempunyai daya saing. Karena hanya dengan generasi yang berkualitas kemajuan bangsa dan Negara bisa terwujud.
Akan tetapi kepintaran tidak cukup maka harus diimbangi perilaku yang luhur dan budi pekerti yang karimah. Karena kalau hanya kepintaran saja yang diunggulkan yang terjadi malah seperti saat ini, banyak orang pintar yang KORUPSI, makan uang rakyat, menipu dan lain sebaginya. Maka kepintaran harus diimbangi dengan pengertian perilaku keagamaan yang menitik beratkan pada etika, budi luhur, dan saling percaya serta saling menghargai.

Jadi sekarang sudah paham ya para santri tentang arti kemerdekaan bagi kita dan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar